Jumat, 15 Maret 2013

7 Tips Penting Sebelum Membeli Domain Blog/Website

7 Tips Penting Sebelum Membeli Domain Blog/Website

7 Tips Penting Sebelum Membeli Domain Blog atau Website - Nama domain yaitu segi mutlak untuk sesuatu web/blog. kita tidak dapat demikian saja sembarangan beli nama domain untuk blog/web tanpa bikin pertimbangan terlebih dulu. Kenapa? Dikarenakan nama domain mewakili brand blog/web serta atau perusahaan yang diusung. nama domain juga mempunyai fungsi mutlak didalam search engine optimation, sekurang-kurangnya didalam perihal kata kunci (keyword.

Memanglah tak ada patokan resmi apa pun tentang domain yang bagus serta baik; Anda bisa membuatnya nama domain cocok hasrat. Tetapi demikianlah, domain selanjutnya punya pengaruh pada sekurang-kurangnya 3 perihal : brand awarenes, search engine optimation, serta user experience. Jangan sempat domain resmi dibeli, lantas anda jadi domain yang dipilih tidak cocok, kurang memuaskan, serta punya pengaruh jelek pada blog/web. Sebagai anjuran, ada 7 poin yang butuh dipertimbangkan sebelum saat beli domain :

1. Ekstensi Domain

Sekarang ini, amat banyak ekstensi domain yang di tawarkan, com, net, org, info, biz, .us dan lain-lain. tetapi demikianlah, ada 3 ekstensi domain sebagai prioritas utama beberapa webmaster saat membuat situs : .com, .net, serta .org. Layaknya kita kenali, ekstensi domain yang sangat umum serta laku yaitu .com, telah amat umum di telinga penduduk. Mereka dapat segera menyimpulkan situs jamant dengan .com, oleh dikarenakan itu internet kerap dikatakan sebagai dunia dotcom. buat jadi .com prioritas pertama saat bikin nama domain. bila tidak ada, tentukan prioritas ke-2 serta ketiga : .net serta .org.

Sebisa-bisanya jauhi ekstensi lain layaknya. info serta. us, dikarenakan telah amat lekat dengan web-web serta beberapa blog yang dicap sebagai spammer, phiser, atau memiliki kandungan malware (walau tidak seluruhnya demikianlah). Ekstensi-ekstensi layaknya itu amat rawan dikarenakan kerapkali dicurigai oleh pengunjung serta search engine sebagai website beresiko.

2. Panjang Nama Domain

Makin pendek nama domain, makin bagus. Standar umum panjang nama domain yang baik yaitu kurang dari 10 cii-ciri. atau sekurang-kurangnya, jangan sempat melebihi 20 cii-ciri. Nama domain yang dikira “nama emas” terdiri dari cuma satu kata, dua kata cukup bagus. Namun 3 kata atau lebih dikira sebagai perihal yang terlampau umum atau kurang unik.

Pengecualiannya yaitu jika anda bikin web/blog yang pingin dipakai untuk beri dukungan search engine optimation sekuat barangkali, yakni untuk exact match kata kunci (keyword), karena barangkali anda pingin domain memiliki kandungan kata kunci (keyword) yang pas dikarenakan web/blog mempunyai niche yang amat sempit (1 niche). Contohnya : langkahbuatwebsite.com.

Note and up date :

Jauhi pemakaian exact match kata kunci (keyword) pada nama domain (exact match domain). Saat ini google mentarget situs-situs sejenis ini dengan up date algoritma terbarunya. Exact match domain (emd) pada situs-situs berkwalitas rendah dikira sebagai spam serta kurangi mutu pencarian. Simak selengkapnya didalam google emd up date.

3. Penentuan Kata Sebagai Nama Domain

Domain yang baik yaitu domain yang bisa dieja dengan mudah, supaya pengunjung bisa mengingat serta menuliskannya dengan mudah juga. Kata yang bisa dieja dengan mudah bukan hanya bermakna tidak unik. Cukup jauhi kalimat yang mempunyai cii-ciri terlampau banyak/panjang, asing untuk pengunjung target, sulit untuk diketik dengan benar, serta sukar diingat.

4. Branding Serta Keunikan

Nama domain yang generik sesungguhnya bagus. Generik bermakna mempunyai kalimat umum serta jadi sisi kata kunci (keyword). Tetapi demikianlah, sebisa-bisanya susun nama domain dengan kalimat yang dapat jadikan brand, dikarenakan pada perjalanannya brand adalah identitas web/blog. Sekurang-kurangnya, ambillah satu kata yang dapat jadikan kata unik serta sisa kata yang lain untuk mengejar kata kunci (keyword). Contoh nama domain generik yaitu layaknya yang saya sebutkan diatas : langkahbuatwebsite.com, namun nama situs langkah bikin situs kelihatannya kurang unik serta kurang mempunyai nilai branding, bukan? Anda bisa mengejar kepadatan kata kunci (keyword) melewati elemen lain, contohnya judul halaman (title tag), content, atau meta description tanpa mesti mengorbankan nama domain jadi terlampau generik.

Terlebih bila anda sudah mempunyai usaha yang mempunyai brand (merk) unik, tambah baik bikin nama domain cocok nama brand dikarenakan brand awareness tambah lebih mutlak. Janganlah korbankan nama brand tersebut untuk sebatas nama domain generik. Bila nama brand populer kelak, pengunjung tinggal mengetikkan segera ke browser atau search engine serta memperolehnya dengan mudah ; di segi lain, nama brand terus terjaga dengan baik. Saya dulu mempunyai pengalaman mengurus situs usaha kaos. Lantas diputuskan terus menggunakan nama brand yang pendek tetapi unik, tanpa embel-embel kata kunci (keyword) apa pun. Pada perjalanannya, dengan optimasi yang pas pada content (onpage search engine optimation) serta offpage search engine optimation, situs tersebut mempunyai rank yang baik untuk sebagian kata kunci (keyword).

5. Type Ciri-ciri Pada nama Domain

Nama domain yang baik yaitu yang plain, berarti cuma terdiri dari cii-ciri huruf (letter/alphabet). Nama domain layaknya ini mudah diketikkan serta bisa meminimalisir kesalahan. umumnya nih, sebagian orang “terpaksa” memberikan angka atau hyphen (strip) didalam nama domain dikarenakan nama yang sama sudah digunakan. Kadang-kadang juga ada yang menggunakan angka untuk menukar kata (contoh : just4you.com). Memanglah tampak unik, namun bisa membingungkan pengunjung serta search engine. pengunjung mungkin saja mengetikkan domain serta masuk ke situs lain dengan kalimat yang terdengar sama, justforyou.com. Pasti perihal ini kurangi peluang anda memperoleh semakin banyak pengunjung. ingat juga, search engine cuma dapat membaca cii-ciri serta tidak dapat memaknainya ; cii-ciri 4 tetaplah berarti angka 4 (four, bukan hanya for). Bila nama domain yang di idamkan sudah digunakan, pakai alternatif ekstensi lain. bila nama domain tidak ada di seluruh ekstensi, pikirkan nama lain.

6. Fitur-fitur Panel Domain Hosting 

Website service pendaftaran domain umumnya mempunyai fitur auto renew, yang berperan memperbarui/memperpanjang sewa domain dengan otomatis sesudah periode aktif domain didalam 1 th. habis. Pemilik domain harus mendaftarkan domain kembali saat periode 1 th. Habis, serta fitur tersebut cukup menolong jika anda lupa memperbarui sewa domain dikarenakan domain yang tidak diperbarui saat periode habis dapat segera jadi objek penjualan domain, terlebih domain-domain yang generik serta mempunyai pagerank bagus. So, sebelum saat beli, yakinkan service hosting/domain hosting di mana anda dapat beli domain mempunyai fitur ini.

Fitur mutlak lain yaitu domain lock, umumnya ada pada panel “manage domain”. manfaatnya membuat perlindungan domain dari keinginan trasnfer yang tidak anda ketahui/izinkan (unauthorized transfer request), hingga masalah pencurian atau pembajakan domain oleh hacker bisa diminimalisir. fitur ini umumnya dengan otomatis sudah diaktifkan. jika anda buka panel domain anda, yakinkan untuk mengeceknya serta janganlah sekali-sekali menonaktifkannya jika anda jual atau memberikannya pada orang lain.

Fitur yang lain yaitu name server settings, di mana anda bisa merubah name server untuk mengarahkan domain ke dns/web hosting pilihan anda (jika menggunakan situs hosting yang berbeda). Fitur lain lagi, yang pada sebagian situs hosting mesti dipesan dulu (walau gratis), yaitu manage dns (zone ubahor), di mana anda bisa dengan leluasa mennggunakan dns serta mengarahkan domain melewati a record, cname, atau lakukan setting custom e-mail melewati mx records.

Fitur satu lagi yaitu private name server, di mana anda bisa menggunakan nama domain sendiri sebagai name server. Fitur ini umumnya ada yang didapatkan dengan gratis serta ada juga yang perlu membayar. Sejauh pengetahuan saya, ada sebagian situs hosting indonesia yang menggratiskan fitur ini, walau harga agak lebih sedikit mahal, tetapi bila dibanding membeli dengan terpisah, harga nya terpaut cukup jauh. Website penyedia domain dari luar negeri yang juga sediakan fitur ini dengan otomatis contohnya yaitu namecheap, godaddy, dan sebagainya.

Bila web/domain hosting pilihan anda sudah mempunyai fitur-fitur diatas, maka anda sudah siap mengambil langkah dengan nama domain pilihan serta mengaktifkan web/blog anda.

7. Beli Domain Yang Sudah Ada

Banyak domain yang dibikin atau batas sewanya habis (expired domain) dijual lagi. Domain-domain layaknya ini umumnya dijual dengan sebagian pertimbangan, salah satunya : rank/pagerank serta spesifikasi nama domain (mempunyai nama generik yang banyak diburu orang). Makin tinggi pagerank serta makin banyak diburu orang, makin tinggi harga sesuatu domain. Domain-domain dengan mutu bagus yang dijual kembali dimaksud flipped domain; kegiatan bikin domain oleh beberapa internet marketer untuk dijual kembali dimaksud domain flipping (ke depan dapat saya ulas tentang bisnis ini). Bila berminat, anda bisa lihat domain-domain (serta juga website/blog) yang dijual/dilelang melewati flippa.com atau website jual beli domain/website yang lain.

Telah menemukan/menentukan nama domain serta siap membelinya? saat ini waktunya untuk melacak serta menentukan situs hosting terbaik serta termurah!

Demikianlah artikel 7 Tips Penting Sebelum Membeli Domain Blog atau Website semoga memberi efek yang baik untuk Anda, terima kasih reader...

Sumber : http://tautweb.com/tips-sebelum-membeli-memilih-nama-domain-blogweb/

0 komentar:

Posting Komentar